aganzippo.com

Zippo lighter's madein U.S.A

HOAX or Not, about zippo

1. Zippo segel orange.

Sebenarnya tidak tepat jika disebut dengan segel orange “orange seal ” karena biasanya segel “ seal ” akan mengalami kerusakan jika dibuka, seperti yang ada pada produk elektronik, kerusakan pada segel dapat menyebabkan hilangnya garansi. Sedangkan yang biasa disebut segel orange di zippo dapat dibuka dan dipasang kembali selama lem nya masih ada, jadi yang disebut segel tersebut sebenarnya adalah sticker biasa.

Demikian juga dengan warnanya, pada zippo regular memang berwarna orange sedangkan pada zippo dengan bahan bakar butane warna stickernya adalah putih.

Jadi apa sebenarnya stiker tersebut?, stiker tersebut berisikan peringatan “WARNING” supaya dijauhkan dari jangkauan anak anak dan anjuran untuk membaca intruksi cara pemakaian sebelum digunakan, seperti yang terbaca di sticker tersebut.

Jadi, tidak ada sama sekali hubunganya dengan original atau tidaknya sebuah zippo lighter, ini merupakan sebuah peraturan pemerintah, yaitu pemerintah USA.

USA menerapkan ketentuan tersebut untuk melindungi warganya, sehingga zippo yang memiliki sticker orange sebenarnya untuk market USA, sedangkan untuk market asia, eropa tidak ada sticker tersebut.

Tidak ada perbedaan kualitas zippo untuk market USA dengan zippo region lain, karena pabrik zippo hanya ada satu didunia, yaitu di USA, Bradford PA. Jadi kualitas kontrolnya (QC) sama tidak ada perlakuan istimewa, hanya saja ada penambahan sticker oleh distributor region amerika. Zippo dengan sticker tersebut biasanya masuk indonesia melalui “ market place ” seperti ebay, amazone dan sebagainya, atau dibeli langsung di sana. .

2. Zippo Seri A..

Setiap zippo original selalu ditandai dengan bulan dan tahun pembuatan, misalnya A untuk Januari, B februari, C maret dan seterusnya sedangkan tahun pembuatan 00 untuk tahun 2000, 01 untuk 2001 dan 17 untuk tahun 2017 bulan dan tahun pembuatan zippo ini di letakan di bottom setiap zippo.

Penandaan ini banyak tidak diketahuin oleh penguna awam, sehingga banyak yang menanyakan zippo seri A, dengan angapan bahwa zippo dengan seri A adalah zippo dengan kualitas terbaik padahal bukanlah begitu.

bagaimana mungkin produksi bulan januari kualitas nya lebih baik dari pada bulan februari yang kodenya B, dan seterusnya hingga bulan desember. Ini jelas merupakan sebuah angapan yang sangat keliru.

3. Kode dalam dan luar berbeda..

Kode tahun dan pembuatan zippo tidak hanya ada di bottom case, akan tetapi juga ada pada body insert, mesin produksi case zippo dan mesin produksi insert berbeda, dengan kecepatan produksi yang berbeda pula, sehingga besar kemungkinan kode bulan pembuatan antara case dan insert berbeda.

Dengan perbedaan kode bulan pembuatan antara case dan insert itu menandakan bahwa case dan insert di produksi pada bulan yang berbeda, tidak lebih dari itu. Banyak yang mengartikan bahwa case bulan A (januari) sedangkan insert bulan B (februari) berti zippo nya tidak original, ini merupakan angapan yang tidak benar.

4. bunyi Clink 2 x ..??

Zippo di produksi dengan kualitas kontrol yang sang sangat ketat, setiap zippo lighter memiliki suara dan kharakter yang khas.

Akan tetapi tidak ada standard dalam kualitas suara, zippo suara nyaring, setengah nyaring, tidak nyaring, tidak ada standard seperti itu. Terlebih lagi, nyaring atau tidak itu relatif, nyaring buat kita belum tentu pendapat orang lain juga begitu.

Begitu juga dengan clink 2 x, zippo baru yang keluar dari pabrik hanya berbunyi clink 1 x saja, tidak lebih, jika lebih berarti bahwa telah di modifikasi atau mungkin saja bukan zippo original.